10 Manfaat Timun Bagi Tubuh Kita

Timun
10 Manfaat Timun Bagi Tubuh Kita | Selamat siang sobat ku yang berbahagia. Sob, zaman sekarang banyak jenis-jenis makanan yang sangat menggiurkan :D . Setiap makanan yang kita makanan pasti mempunyai bumbu atau bahan tersendiri. Salah satunya adalah Mentimun atau yang sering kita sebut dengan Timun. Mentimuntimun, atau ketimun (Cucumis sativus L.) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung
jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Mentimun atau Timun memiliki banyak manfaat seperti membantu melembabkan wajah dan menurunkan tekanan darah tinggi.Berikut tulisan mengenai 10 Manfaat Timun Bagi Tubuh Kita  Cekidot -_-


1. Sumber Vitamin B
Timun kaya akan kandungan vitamin B yang dapat menjaga tubuh anda dari serangan penyakit.Zaman sekarang kan banyak tersebar berbagai penyakit jadi jika kita ingin terhindar dari penyakit perbanyaklah mengkonsumsi Timun.

2. Dehidrasi tubuh & Mengisi Ulang Vitamin Harian
Timun mengandung 95 persen air sehingga dapat menjaga tubuh anda dari dehidrasi sambil membantu tubuh menghilangkan racun. Timun memiliki sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Kulit timun juga mengandung vitamin C yang cukup banyak

3.  Perawatan Kulit dan Rambut
Jika anda tidak suka makan kulit timun, bisa anda gunakan untuk mengatasi iritasi kulit dan luka bakar. Manfaatkan juga sepotong timun diatas mata yang bengkak, karena sifat anti-inflamasinya dapat membantu mengurangi pembengkakan. Selain itu, silikon dan sulfur yang terkandung di dalam timun juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

4. Melawan Kanker
Timun diketahui mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiganya memiliki sejarah kuat dari penelitian sehubungan dengan penurunan resiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat.


5. Perawatan rumah
Timun juga bermanfaat dan bisa digunakan untuk menghilangkan embun/kabut yang ada di cermin. Gosokkan sepotong timun di area cermin dan timun tersebut akan menghilangkan kabutnya. Ambil irisan timun dan gosokkan sepanjang engsel yang berderit dan pintu akan berhenti mencicit.

6. Membantu mencerna protein.
Mentimun mengandung enzim erepsin yang membantu memecah dan mencerna protein.

7. Membunuh cacing pita.
Biji mentimun banyak di jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi cacing pita.Selain itu biji mentimun juga efektif di gunakan sebagai bahan antiinflamasi dan pembengkakan selaput lendir.

8. Mengatasi diabetes.
Kandungan mangan dalam mentimun dapat membantu produksi Insulin yang mampu menjaga kadar gula darah.

9. Menjaga kesehatan ginjal.
Tingginya kandungan air dalam mentimun membantu melancarkan proses urinasi serta memperlancar metabolism tubuh. Perlu di ketahui mentimun merupakan diuretik yang sangat baik.

10, Menjaga Kesehatan Sendi
Kandunagan Silica dalam Timun dapat membantu kita untuk menjaga jaringan sendi kita agar tetap dalam kondisi yang baik. Hal ini akan memperkuat jaringan ikat agar sendi kita terhindar dari berbagai gangguan pastinya.

© Miftah_N_Haq. Powered by Blogger.
 

Berbagi itu Indah Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger

-->