10 Manfaat Tersembunyi dalam Wortel

Wortel
10 Manfaat Tersembunyi dalam Wortel | Seperti yang kita ketahui wortel berguna untuk mencegah minus pada mata seperti yang saya alami, tetapi Wortel juga merupakan sumber beta-karoten. Beta-karoten ini berfungsi mencegah degenerasi makula dan katarak.Wortel dapat diolah menjadi jus, sayur atau apapun sesuai selera kita. Ada 10 Manfaat Tersembunyi dalam Wortel seperti dikutip dari www.care2.com. Berikut 10 Manfaat Tersembunyi dalam Wortel . Cekidot -__-

1. Meningkatkan penghilatan
Sebuah studi menemukan bahwa orang yang sering makan wortel memiliki risiko 40 persen lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan mereka yang mengonsumsi sedikit. Sementara, vitamin A ditransformasikan dalam retina untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk night vision.

2. Mencegah Kanker
Berdasarkan hasil penelitian, wortel bisa mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Para peneliti baru saja menemukan falcarinol dan falcarindiol yang berfungsi sebagai antikanker.

Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah salah satu-satunya sumber umum dari senyawa ini.

3. Anti-Aging
Tingginya tingkat beta-karoten pada kandungan wortel bisa melindungi kerusakan sel tubuh lewat metabolisme reguler. Beta-karoten juga bisa membantu memperlambat penuaan sel.

4. Melindungi kulit dari dalam
Vitamin A dan antioksidan bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Kekurangan vitamin A menyebabkan kekeringan pada kulit, rambut dan kuku. Vitamin A dapat mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda, dan warna kulit tidak merata.

5. Antiseptik Powerfull
Wortel bisa mencegah infeksi. Wortel dapat digunakan pada luka - robek mentah atau direbus dan dihaluskan.

6. Membuat kulit lebih indah (dari luar)
Wortel bisa dijadikan masker wajah. Cukup campuran parutan wortel dan sedikit madu.

7. Mencegah Penyakit Jantung
Studi menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Wortel tidak hanya beta-karoten, tetapi juga alfa-karoten dan lutein.

Konsumsilah wortel secara teratur karena berkhasiat mengurangi kadar kolesterol. Serat larut dalam wortel sehingga bisa mengikat dengan asam empedu.

8. Bersihkan Tubuh
Vitamin A membantu hati dalam membilas racun dari tubuh. Serat hadir dalam wortel dapat membantu membersihkan usus besar dan mempercepat gerakan limbah.

9. Gigi Sehat dan Gusi
Wortel bisa membersihkan gigi dan mulut. Wortel bisa digunakan untuk mengikis plak dan partikel makanan seperti sikat gigi atau pasta gigi. Wortel dapat merangsang gusi dan memicu banyak air liur, yang menjadi alkali, saldo keluar pembentuk asam, bakteri rongga pembentuk. Mineral pada wortel mencegah kerusakan gigi.

10. Mencegah stroke
Dari semua manfaat di atas tidak mengherankan bahwa dalam sebuah penelitian Universitas Harvard, orang yang makan lebih dari enam wortel seminggu lebih rendah kena risiko serangan stroke dibanding mereka yang makan hanya satu wortel satu bulan atau kurang.R-1

© Miftah_N_Haq. Powered by Blogger.
 

Berbagi itu Indah Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger

-->