Menulis Surat Rahasia


Hai sob, kali ini saya mau posting tentang car membuat surat rahasia :D . Ya walaau sekarang udah gak jaman lagi surat-suratan tapi masih banyak juga yang menggunakan surat sebagai media komunikasi. Ini saya ketahui saat membaca buku di kelas.Langsung aja kita mulai.
1.     
  1. Menulis surat lilin
Kebanyakan dari sobat sekalian pasti pernah membuat Surat lilin. Ya, pada saat di sekolah dasar pun pernah membuatnya. Surat lilin adalah salah satu jenis surat yang cara membuatnya sangat sederhana.Surat seperti ini biasanya digunakan saat membuat surat-menyurat untuk teman.
                Apabila kertas  tersebut dipoleskan cat, maka tulisannya akan terlihat. Hal itu dikarenakan bagian kertas yang digoreskan lilin menjadi kedapa air sehingga kertas di bagian itu tidak menyerap warna cat tersebut. Cara membuatnya sebagai berikut:
a.       Siapkan Kertas 1 lembar
b.      Goreskan Lilin di atas kertas
c.       Lalu oleskan kertas tersebut dengan cat air.

    2.   Menulis Lemon Letter

                Lemon Letter merupakan salah satu teknik membuat surat rahasia menggunakan zat
asam lemon. Apabila dalam keadaan kering, tulisannya tidak terbaca. Akan tetapi jika didekatkan dengan panas, maka tulisannya akan muncul. Ekstrasi asam pada kertas membuat hydrogen dan oksigen menghilang, dan yang tersisa hanyalah karbon. Cara membuatnya masih sama seperti menulis surat lilin akan tetepi yang dipoleskan adalah asam dari lemon dan cara melihat tulisan tersebut dengan cara mendekatkan kertas yang kita tulis ke benda yang panas.

 Cukup sekian postingan saya. Kapan-kapan saya posting lagi yang lebih menarik. Salam :D

2 comments

9 June 2014 at 15:25

terimakasih atas cuplikan cara menulis surat rahasianya. membantuku mengerjakan naskahku, terimakasih

20 June 2014 at 11:57

@Cinta Allah sama-sama.saya juga senang jika bisa membantu semua orang.jangan lupa ya kirim naskahnya kalau sudah selesai. :d

Post a Comment

© Miftah_N_Haq. Powered by Blogger.
 

Berbagi itu Indah Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger

-->