Mengatasi Alergi karena Serbuk Sari


Hai, sobat anda pasti pernah merasakan alergi. Ya, alergi biasanya disebabkan oleh serbuk sari  bunga, pohon ataupun gulma. Ataupun alergi terhadap makanan. Tapi pada post ini saya hanya membahas alergi karena serbuk sari. Ketika serbuk sari dihirup oleh orang yang memiliki alergi melalui hidung, sistem kekebalan tubuhnya akan bereaksi seolah-olah  serbuk-sari tersebut adalah penjajah asing dan sistem kekebalan tubuh akan melepaskan antibodi untuk melindungi tubuh. Ketika antibodi menyerang alergen, zat kimia yang dikenal sebagai Histamin akan memicu “reaksi alergi” yang dapat mendatangkan malapetaka bagi kita.
 Pada hari-hari berangin gejala alergi biasanya meningkat karena angin membawa serbuk sari di udara. Sementara kita mungkin lebih suka matahari, hari-hari hujan kemungkinan akan membawa bantuan. Hujan dapat menyebabkan penurunan serbuk sari dengan membasuh alergen di udara.

Gejala alergi termasuk lingkaran hitam di bawah mata, bersin, batuk, hidung gatal dan mata, mata berair dan hidung meler. Perlu diingat, alergen udara juga dapat memicu kondisi yang lebih serius, asma. Serangan asma dapat mengakibatkan penyempitan saluran napas, sehingga bernapas batuk sulit dan meningkat, mengi, dan sesak napas.

Sering seseorang dapat menggunakan langkah-langkah pencegahan untuk meminimalkan efek alergi. Sayangnya, banyak dari kita menunggu sampai kita "menderita" dari gejala yang parah sebelum kita mengambil tindakan ... sehingga lebih sulit untuk mengobati dan mengendalikan.

Meskipun kita tidak bisa mengendalikan alam, tetapi kita dapat meminimalkan penyebabnya.
- Tutup Jendela dan jangan terlalu sering keluar rumah
- Jika anda di dalam mobil sebaikanya anda menutup jendela mobil dan menggunakan pendingin udara
- Sebaiknya jemur pakaian di dalam rumah, karena jika anda menjemur di luar rumah serbuk sari bisa menempel di pakaian anda.
- Jangan memotong daun rumput atau menyapu jika Anda memiliki gejala alergi.

- Berobat ke Dokter dan diskusi dengannya agar alerfi anda membaik.

Ini hanya beberapa saran untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk musim gugur alergi. Semoga beruntung

1 comment

21 May 2014 at 18:16

@mas agus sama-sama gan

Post a Comment

© Miftah_N_Haq. Powered by Blogger.
 

Berbagi itu Indah Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger

-->