Tips menghadapi ulangan

Ehem,,,Ehem,,,,! Selamat pagi, selamat sore dan selamat malam. Salam disesuaikan dengan waktu kalian membaca Postingan ini. Kali ini saya mau posting mengenai "ULANGAN". WAW suatu hal yang menakutkan. Memang ulangan sangat menakutkan bagi yang tidak siap menghadapinya (emang ane siapa apa? kagak lgi :D) . Ulangan layaknya peperangan, kita harus mempunya rencana dan strategi yang jitu untuk menghadapinya agar dapat menaklukan soal dan memenangkannya dengan hasil yang baik. Berikut tips yang saya dapat dari pengalaman teman saya :D tentunya pengalaman saya juga.


1. Taktik
    Untuk menggapai kesuksesan kita haru mempunyai taktik yang baik. berawal dari membuat rencana, baik rencana belajar, target nilai yang dicapai, mendata apa yang belum dikuasai dll . Ini semua harus diiringi dengan tindakan untuk mencapai target dan strategi tersebut. Istilah kerennya "Write More Do More" . Yups, Semakin banyak target kita maka kita harus berusaha untuk mencapainya. Yang paling utama adalah belajar lebih serius. Ayah saya pernah berkata " Menyerah dengan keadaan itu bodoh, tetapi berusaha bangkit dari keadaan itu pintar" . Kata-kata itulah yang harus menjadi acuan kita.

2. Mencatat
    Mencatat apa yang diajarkan oleh guru. kita semua termasuk saya pasti malas untuk mecatat karena kita beranggapan ada buku "cetak" yang sudah lengkap padahal mencatat itu sangatlah penting. Bagian-bagian yang super penting sebaiknya ditulis di buku kecil atau kertas yang mudah kita bawa ke mana saja. Catatan ini guna membatu kita untuk mengingat kembali pelajaran yang lalu.

3. Waktu
    Time is Money, hahaha ungkapan yang sangat bagus menurut saya. Bagaimana tidak  setiap detik pasti akan sangat bermanfaat apabila digunakan dengan benar, seperti belajar. Ketepatan waktu dan pemanfaatan waktu sangatlah penting dalam menghadapi ulangan. terutama memanfaatkannya untuk belajar. Kita sebagai siswa pasti punya jadwal belajar. Akan tetapi jadwal tersebut belum dimanfaatkan dengan optimal dan sering digunakan untuk kegiatan main-main. Jadi, mulai sekarang mari kita sama-sama memanfaatkan waktu kita untuk belajar.

4. Aktif
    Nah, itu yang paling sering dilakukan oleh para cowok.Pura-pura aktif dalam kelas jika gurunya cantik. ya, samalah yang dilakukan "TIO" teman saya. (peace :D). Sebenarnya poin aktif disini adalah kita banyak-banyak bertanya kepada guru jika ada yang tak dimengerti, janganlah kita shy-shy cat :D. Kebanyakan guru senang jika ditanya oleh muridnya. Selain kita mendapatkan ilmu bertanya kepada guru juga meningkatkan "image" kita di hadapan guru. Ya, bisalah bantu-bantu nilai rapot. Tidak hanya kepada guru kita bisa bertanya kepada teman yang lebih beruntung daripada kita karena dia lebih mengerti. dan juga kita jangan pelit jika ada teman yang bertanya. Dengan melakukan tanya jawab seperti itu sebenarnya kita telah melakukan proses pembelajar.

Nah, itulah beberapa tips yang "kadang-kadang" saya terapkan :D. Maklumlah agak males, tapi sangat berguna.

Post a Comment

© Miftah_N_Haq. Powered by Blogger.
 

Berbagi itu Indah Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger

-->